Cara Mengoptimalkan Sistem kerja Windows

 Saat kita membeli pc atau laptop baru dan atau mungkin sudah lama kita miliki barang tersebut, sistem kinerja pada windows tidak berjalan dengan baik, dikerenakan mungkin dari toko atau tempat dimana kita membeli pc dan laptop misalkan mengistal windows yang tidak sesuai dengan spek komputer. Hal ini tentu akan membuat cara kerja windows menjadi lambat seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Ketika cara kerja pc dan atau laptop lambat, mungkin anda sering memilih jalan alternatif untuk mengistal ulang sistem, oleh karenanya perlu dilakukan pertimbangan sebelum anda membawa ketempat service dan atau teman yang bisa membantu dalam hal ini. Namun perlu kita ketahui sebagaimana mestinya ketika windows masih bisa berjalan dengan baik, apabila ingin menambah kemanpuan cara kerja windows anda tidak perlu mengganti hardware komputer tersebut dengan mengeluarkan biaya. Untuk menanggapi masalah ini perlu anda lakukan beberapa tips dan trik dibawah.

• Pastikan hard diks anda di bagi 2 partisi boleh 3 partisi dan jangan sampai lebih dengan format NTFS dan usahakan untuk sistem kapasitas hardiks minimal 100 GB dan seandainya hardiks berkapasitas besar. Apabila anda memili hardiks 80 GB siapkan minimal 40 Gb untuk system dan selebihnya untuk data, agar windows dapat berjalan normal pada partisi tersebut, karena semakin banyak ukuran yang terpakai maka ruang kerja hardiks semakin kecil pula.

• Install program yang seperlunya saja, misalkan yang selalu dibutuhkan untuk keperluan sekolah, kuliah perkantoran dan lain sebagainya, jika banyak program yang terinstal di komputer dan tidak penting menurut anda, remove pada beberapa program yang tidak dibutuhkan.

• Selalu kosongkan folder prefetch 1 minggu sekali, atau akan lebih bagus setiap kali selesai komputer digunakan hapus semuanya. Hal tersebut apabila anda biarkan saja maka perfoma windows akan menjadi lambat, karena setiap kali kita membuka program yang berjalan pada system akan direkam secara otomatis oleh windows.
Caranya : masuk ke system C:\WINDOWS\Prefetch\, hapus semua file folder di dalam folder tersebut.

• Gunakan Diks Clean Up 1 minggu sekali, untuk menghapus semua file temporer.
cara menggunakan :
- Klik kanan pada salah satu drive. Contoh : drive C.
- Properties.
- Klik tombol Diks Clean Up tunggu beberapa detik sampai proses selesai dan untuk delete/hapus klik tombol OK.

• Defrag harddiks 1 bulan 1 kali, dimaksudkan untuk menurunkan booting dan meningkatkan performa.
Caranya :
- Klik kanan pada icon My Computer.
- Manage.
- Computer Management (Local) > Storage > Diks Defragmenter.
- Klik kanan pada drive C atau untuk mempermudah klik tombol Analyze atau lansung klik tombl Defragment dan tunggu sampai proses selesai.

• Mematikan semua program yang berjalan otomatis ketika komputer dihidupkan pertama kali pada Windows Starup.
Caranya :
- Klik Star > Run.
- Ketik msconfig, lalu klik Ok.
- Pada jendela window tab menu, klik Starup.
- Selanjutkanya pada beberapa item didalamnya, untuk menghilangkan beri tanda centang atau checklist, dari beberapa program yang tidak diinginkan. Contoh : Yahoo Messenger dan lain-lain.
- Klik tombol Apply, lalu klik tombol Close, maka secara otomatis windows meminta Restart, klik tombol Restart.
- Setelah Restart saat komputer masuk pada layar dekstop akan muncul windows System Configuration Utility, beri tanda ceklis pada kotak dan klik OK.

• Optimise display setting dengan menurunkan tingkat gambar. Pemakaian gambar dan atau efek animasi yang terlalu banyak akan membuat sistem operasi windows berat pada beberapa komputer dengan spek yang minim.
Caranya :
- Klik kanan pada My Computer.
- Pada tab menu klik Advanced > Setting > Performance > klik Settings.
- Kemudian hilangkan centang pada (Show shadows under menus > Show shadows under mouse pointer > Show translucent selection rectangle > Use drop shadows for icons labels on the desktop > Use visual styles on windows and buttons > Show translucent selection rectangle > Show window contents while dragging > Use common tasks in folders).

• Rubah tema ke tampilan klasik, ini paling disarankan karena akan membuat cara kerja sistem lebih cepat jika dibandingkan dengan tampilan standar windows ketika pertama kali komputer selesai di install.
- Klik kanan pada desktop > properties.
- Kemudian muncul window Display Properties.
- Pada menu tab Display Properties klik tab Appearance > Windows and Buttons: rubah ke Windows classic style.
- Terakhir klik Apply, kemudian klik OK.

Beberapa cara diatas saya lakukan pada windows xp, namun dapat pula diterapkan atau berjalan pada windows Vista, Seven dan terkecuali pada windows eight yang belum pernah saya coba, tetapi pada prinsipnya bahasa yang digunakan dalam windows tidak berbeda, hanya ada beberapa tampilanlah yang berubah ketika mengimplementasikan tekhnik tersebut. Demikian cukup sampai disini dulu dan apabila masih ada cara lain akan saya buat posting berikutnya di lain waktu.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Sekian dan Terima Kasih.

0 komentar:

Poskan Komentar